Kemenhub MELARANG Go-Jek Beroperasi, Lalu Apa Penggantinya?

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengambil langkah terhadap maraknya transportasi pelat hitam berbasis aplikasi online seperti Go-Jek, Grab Bike, Blu-Jek, Lady-Jek, Uber Taksi, Grab Car sampai Go-Box dianggap ilegal karena tidak sesuai dengan Undang-Undang 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan serta regulasi turunannya.

“Go-Jek Cs sudah memproklamirkan sebagai angkutan penumpang. Padahal dalam UU LLAJ, jelas disebutkan kendaraan roda 2 tidak masuk ke dalam angkutan penumpang. Jadi dia tidak boleh dipakai untuk transaksi atau berbayar,” ucap Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, JA Barata, Kamis (17/12/2015). JA Barata menyebut pelarangan tersebut murni karena pertimbangan safety atau keselamatan transportasi.

gojek resmi dilarang beroperasi

Lantas bagaimana dengan angkutan umum yang tidak berbadan hukum selama ini selain ojek pangkalan seperti ojek sepeda, angkutan barang roda tiga milik pribadi, becak motor milik pribadi dan lain-lainnya, berarti mereka semua usaha ilegal. Kemenhub menyebut hanya menjalankan regulasi yang sudah ada. Bahkan upaya penindakan pun akan dilakukan nantinya. Ke depan, polisi yang akan melakukan penindakan kepada angkutan umum atau alat transportasi yang dianggap ilegal. UHUK.!

Pemerintah mestinya ngaca dan malu kenapa di negari ini bermunculan berbagai alternatif transportasi publik yang lahir dari pihak swasta dan masyarakatnya sendiri. Itu artinya pemerintah gagal atau belum mampu dalam memberikan fasilitas transportasi publik yang murah, aman dan nyaman bagi warga negaranya.

Jika saja transportasi publik di negara ini baik (plus fasilitas bagi pejalan kaki seperti trotoar juga baik di setiap jalan) maka alternatif transportasi publik yang muncul dari masyarakat tidak akan muncul. Kalaupun ada, tentunya tidak akan laku juga.

Di sisi lain, mungkin pemerintah lebih menyukai transportasi yang ilegal lainnya, sehingga Gojek dilarang dan transportasi publik “gelap” seperti mobil omprengan pelat hitam tetap ada dari dulu hingga sekarang.

Comments

comments