Cara Paling Efektif Mengecilkan Perut Buncit Secepat Kilat

Cercah Ceria – Memiliki perut yang membuncit menjadi suatu hal yang kurang nyaman bagi sebagian orang apalagi bagi mereka yang memiliki tubuh relatif kurus, meskipun yang lain cuek-cuek saja. Kalangan penolak ini umumnya masyarakat dari kelas menengah hingga atas. Sebab, bagi orang menengah kebawah biasanya tidak terlalu memperdulikan penampilang mereka. Meskipun perut buncit, yang terpenting adalah sehat. Eitss, tunggu sebentar. Apakah perut buncit itu ideal dengan tubuh tak sehat? Yah, kurang lebih seperti itu. Entah seberapa besar buncit perut anda, memiliki bentuk dan ukuran perut yang ideal akan lebih baik. Walaupun pada kenyataannya, banyak juga pria atau permpuan yang tetap hidup sehat dengan perutnya yang berukuran melebihi batas.

cara efektif untuk mengecilkan perut buncit

Pada dasarnya, ada dua jenis lemak yang bersarang di dalam perut kita. Lemak yang pertama bernama lemak “subkutan”. Lemak jenis ini berada tepat dibawah lapisan kulit. Denagn kata lain, lemak subkutan merupakan lemak yang berada paling luar. Yang kedua adalah lemak “viseral”; lemak yang satu ini bersembunyi berada disekitar organ tubuh. Inilah jenis lemak yang menjadi penyebab perut menjadi buncit atau bahasa medisnya adalah obesitas sentral.

Berbagai macam penyebab perut buncit yang perlu kita ketahui

Proses obesitas perut sebetulnya sama saja seprerti obesitas tubuh secara keseluruhan. Saat tubuh kita mendapatkan asupan makanan yang melebihi kebutuhan tubuh dalam melakukan aktifitas sehari-hari, maka lambat laun lemak yang tersisa akan menumpuk apabila kitaa tidak mengimbanginya dengan rutin berolahraga.

Penyebab lain selain karena kelebihan asupan lemak ialah faktor genetik yang biasanya berupa ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Hal ini secara tidak langsung berimbas pada kesehatan badan.

Keadaan mood kita juga berpengaruh. Banyak oran biasa hingga ahli kesehatan seperti dokter mengatakaan bahwa  keadaan stress akan cenderung membuat seseorang mengalami obesitas. Padahal statement tersebut kerap berbanding terbalik dengan kenyataan dimana banyak orang yang justru menjadi kurus karena terlalu banyak pikiran.

Dibwah ini beberapa penyebab pembuncitan perut lainnya:

  • Kebiasaan tidur setelah menyantap makanan
  • Sering mengkonsumsi minuman keras
  • Hobi ngemil di malam hari
  • Porsi makan yang terlalu besar melebihi batas normal
  • Jarang melakukan olahraga
  • Akibat pil KB yang tidak cocok
  • dsb

Mengapa Perut Buncit Berbahaya?

Seorang laki-laki dikatakan mengalami obesitas sentral apabila ia memiliki lingkar peut lebih dari 90 cm. Sedangkan untuk wanita hanya beda sedikit yaitu jika ukuran perutnya lebih dari 80 cm. Untuk mengukurnya, posisikan tali pengukur sejajra lurus dari pusar hingga tulang panggul.

Perut dengan ukuran tidak normal kerap menjadi awal berkembangnya berbagai macam penyakit seperti serangan jantung dan kolesterol. Lemak viseral mengandung asam bebas, sebuah senyawa dalam tubuh yang masuk ke organ hati dan sering menjadi penyebab dari berubahnya mnekanisme tubuh. Perubahan yang ditimbulkan atara lain: meningkatnya produksi kolesterol, kurang terkendalinya gula darah yang beresiko diabetes.

Pada kasus ini perubahan tekanan darah juga dipengaruhi oleh pembengkakan lemak viseral, maka tidak heran apabila orang gemuk sering terlihat lebih tempramental. Hal paling penting yang perlu anda pahami adalah bahwa kejahatan lemak viseral sering berujung pada penyakit stroke.

Cara efektif mengecilkan perut buncit

Setelah kita memahami berbagai hal yang kerap memicu perut buncit serta seberapa bahayanya keadaan ini, tentu anda akan mendapat lebih banyak dorongan kuat untuk mengecilkannya. Seperti halnya menyembuhkan suatu penyakit, mengatasi perut buncit juga dapat dilakukan melalui cara yang berbeda-beda. Anda bisa saja memilih cara alami dengan ramuan tradisional untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan. Sedangkan kalangan ada umumnya lebih memilih jalur yang lebih modern seperti operasi atau terapi khusus. Disamping dua cara diatas, ternyata ada juga cara lain yakni cara natural. Dengan strategi ini anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obat pabrikan maupun herbal (herbalife contohnya), anda hanya perlu merubah pola makan sedemikian rupa agar sesuai proporsi, selebihnya melakukan olahraga teratur hingga hasil yang diharapkan benar-benar tercapai. Baca pembahasannya satu per satu di bawah ini.

1. Mengecilkan perut buncit dengan ramuan tradisional

  • Sari buah-buahan
    Siapkan bahan-bahan ini terlebih dahulu: buah pepaya, buah manggis, alang-alang, buah delima, buah langsat dan akar pohon rambutan. Rebus semua bahan dalam satu panci hingga mendidih. Jangan lupa membersihkannya lebih dulu lalu dipotong-potong kecil. Setelah mendidih ambilah airnya untuk diminum. Sari buah ini merupakan ramuan khusus untuk mengurangi lemak pada tubuh gemuk. Minum 2 sampai 3 kali sehari sampai tampak hasilnya.
  • Jahe + Madu
    Di dalam madu terdapat zat yang bernama fruktosa, zat tersebut ternyata dapat mengurangi lemak berlebih pada perut yang buncit. Cara meramunya cukup gampang, ambil air perasan jahe yang sudah direbus. Campur dengan madu dan sedikit air hangat, minumlah 2x sehari. Takaran: 3 sendok makan air jahe + 4 sendok makan madu murni.
  • Jamu kunyit dan asam jawa
    Ramuan ini terbilang ramuan paling efektif dan paling sering dipakai oleh masyarakat pedesaan. Meskipun rasanya yang pahit seperti rasa jamu pada umumnya, tidak ada salahnya anda mencobanya demi mengatasi perut buncit menjadi lebih kecil. Bahan yang diperlukan: 0,5 kg asam jawa, 0,5 kg kunyit, 2 liter air, sedikit garam dan yang terakhir 0,25 kg gula jawa. Cara penyajian: bersihkan kunyit lalu blender dan ambil air perasannya. Rebus air kunyit beserta bahan yang lain dengan suhu air 100 derajat.
  • Teh hijau
    Anda mungkin sudah sering mendengar tentang khasiat teh hijau ini. Orang Jepang dan Korea telah sejak lama menjadikan teh hijau sebagai minum wajib mereka di pagi hari, kebanyakan artis dari negara tersebut memiliki kebiasaan yang sama. Selain dapat dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari, manfaat teh hijau ternyata masih banyak lagi. Cobalah meminum air teh hijau hangat (tawar/tanpa gula) sesaat sebelum makan. Hal ini ditunjukan agar napsu makan anda berkurang sehingga porsi makan anda akan berkurang secara otomatis.
  • Jeruk nipis/lemon + teh hitam
    Teh hitam atau teh merah adalah jenis teh yang sering kita jumpai dan konsumsi setiap hari. Untuk membuat ramuan teh dengan jeruk nipis, anda cukup menyedunya dengan air panas. Takaran: perasan jeruk nipis (1 buah) + 3 sendok makan teh.

2. Mengecilkan perut buncit tanpa olahraga

Cara yang satu ini adalah cara favorit bagi kebanyakan orang karena mereka malas melakukan olahraga rutin. Dengan alasan yang berbeda-beda golongan ini melakukan berbagai trik untuk mengecilkan perut gemuk mereka tanpa harus pergi ke gym atau tempat olahraga lainnya. Sebenarnya cara yang telah kita bahas diatas merupakan bagian dari jalan ini. Rajin mengkonsumsi ramuan tradisional cuckup efektif dalam mengatasi masalah ini. Pilihan yang kedua adalah dengan pembedahan atau operasi pengangkatan lemak. Masyarakat kita menyebutnya dengan istilah sedot lemak. Maskipun menggunakan teknologi mutakhir dalam pelaksanaannya, bukan berarti cara ekstrim ini tidak membawa resiko, bahkan bisa lebih berbahaya. Hal terpenting dari yang paling penting ialah biaya yang selangit. Saat ini biaya operasi sedot lemak masih sangat mahal, yaitu berkisar antar 15 hingga 90 juta rupiah tergantung seberapa banyak lemak yang diangkat.

Tips untuk kaum pria

Khusus untuk laki-laki dan cowok-cowok kecek, ada baiknya anda menghindari minuman beralkohol jenis apapun. Inilah penyebab paling umum yang kerap terjadi terhadap kaum pria. Tinggalkan kebiasaan minum air dalam jumlah terlalu banyak, akan lebih baik dalam jumlah sedikit tapi sering. Mulailah pola hidup dari sekarang, rajin berolahraga walaupun hanya 2-3 kali dalam 1 minggu. Setidaknya anda memberi waktu bagi tubuh untuk melakukan gerakan berat agar sendi-sendi dan otot-otot tidak tegang.

Tips unutuk para wanita

Ngemil sambil nonton atau membaca buku adalah kebiasaan khas kaum perempuan. Anda dapat memulainya dari sisni, dengan mengurangi kebiasaan tersebut demi kesahatn perut anda. Sebaiknya jangan terlalu sering minum minuman bersoda atau minuman yang mengandung zat gula berlebih. Untuk para remaja cewek, tips nya sama saja karena kebanyakan perempuan memiliki kebiasaan yang sama.

3. Mengecilkan perut buncit setelah melahirkan

Terlepas dari rasa bahagia karena dikaruniai mongmongan baru, banyak ibu-ibu yang mengeluh karena perutnya menjadi buncit dan bergelambir usai persalinan normal maupun pasca caesar. Selang beberapa hari, bukannya mengecil malah semakin membuncit. Perlu anda ketahui bahwa keadaan buncit pada wanita setelah melahirkan merupakan fenomena alami. Semua ibu pernah mengalaminya. Bahkan akan terus berlangsung hingga beberapa minggu sampai keadaan bisa normal kembali. Biasanya anda akan mengalami napsu makan yang luar biasa tinggi setelah melahirkan si buah hati. Hal ini disebabkan karena anda kehilanga banyak kalori hingga mencapai 5000 saat menyusui. Secara tidak langsung pula, menyusui adalah cara paling alami mengatasi perut buncit pada kasus satu ini.

Beruntungnya kami juga telah mempersiapkan tips lain yang dapat anda praktekan sebagai cara mengecilkan buncit perut pada masa-masa ini.

  • Tambah jam makan namun kurangi porsinya
  • Perbanyak makan sayur serta buah segar
  • Perbanyak minum air putih
  • Olahraga teratur (dianjurkan setelah usia bayi mencapai usia yang dianjurkan)

INGAT: Kesehatan bayi harus tetap nomor SATU. Jangan korbankan buah hati anda hanya demi kepentingan diri sendiri.

Penutup

Demikian artikel kami hari ini untuk cara paling efektif yang bisa diambil untuk mengecilkan perut buncit. Sebelum mencoba apapun, biasakan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Terima kasih, semoga bermanfaat bagi semua.

Sumber: lodokter, Dedaunan, Cantikalamiku, Carasehat

Comments

comments