Cara Mudah Menghitung Masa Subur Perempuan

Kapan masa subur pada perempuan berlangsung? Pertanyaan ini sudah sangat akrab di telinga kami yang sering mendengar langsung orang yang menanyakan hal tersebut. Hal ini memang penting untuk diketahui dan dipahami agar tujuan yang diharapkan bisa lebih potensial terjadi. Berbicara masalah kesuburan pada kaum perempuan, kita tidak akan dapat terlepas dari rutinitas alami yang terjadi pada perempuan setiap bulan, sebab kaitannya begitu erat. Lantas bagaimana cara kita mengetahui kapan masa subur itu berlangsung? Inilah yang akan kita jelaskan hari ini. Ada cara khusus dalam menghitung waktu subur seperti yang akan kita jelaskan dibawah ini.

kalender kehamilan

Menghitung masa subur dengan sistem kalender

Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.

Sekarang ini sudah ada kalender khusus perempuan yang bisa anda gunakan untuk menentukan kapan masa subur hingga proses kehamilan. Kalender ini sering disebut kalender kehamilan atau pregnancy wheel. Dengan kalender ini anda dapat menghitung masa subur dengan mudah, perkembangan janin, perkiraan waktu lahir hingga batas maksimum kelahiran bayi. Anda bisa mendownloadnya di situs Bidanku dot com.

source: Bidanku

Comments

comments