Cara Menghilangkan KETOMBE Membandel Paling Efektif Dalam 1 HARI

Cercahceria.com – Tak ada seorangpun yang mau memiliki rambut berketombe. Kehadiran ketombe pada rambut tidak hanya menganggu penampilan sesorang, akan tetapi juga dapat membawa penyakit lain seperti penyakit gatal akibat serangan ketombe yang terlanjur parah. Banyak faktor yang bisa menyebabkan ketombe muncul, maka dari itu anda perlu mempelajarinya agar semakin tahu dan pada akhirnya tidak terserang lagi. Sebelum bicara terlalu jauh, sebenarnya apa sih ketombe itu? Hewan kah? Debu kah? Atau apa?

menghilangkan ketombe ampuh

Arti ketombe menurut Wikipedia: Ketombe atau sindap/kelemumur memiliki nama ilmiah yakni “Pityriasis capiti”, yaitu pengelupasan kulit mati berlebihan yang tedjadi pada kulit kepala atau berkerak.

Kata Headandshoulders: Diwali dengan adanya minyak berlebih pada kulit kepala (sebum) dan organisme kecil bernama Malassezia Globosa, hidup di kulit kepala seseorang. Ketika kulit kepala sensitif karena sebab tertentu atau alami, maka munculah serpihan kulit kepala kecil dalam jumlah besar sebagai reaksinya.

Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ketombe tidak termasuk jenis makhluk hidup seperti kutu. Melainkan serpihan dari hasil pengelupasan kulit kepala karena faktor tertentu. Pada dasarnya semua orang mengalami proses peneglupasan tersebut saat sel-sel kulit kepala mati, hanya jumlahnya saja yang berpengaruh.

Selain karena kulit kepala yang sensitif terhadap organisme tersebut diatas, adakah penyabab lain yang wajib kita pahami? Tentu saja ada, banyak, ini dia:

  • Rambut sering terkena debu
  • Jarang keramas
  • Menggunakan aksesoris sembarangan
  • Memakai sisir sembarangan atau bergiliran dengan orang lain
  • Tidak cocok dengan produk shampoo tertentu

Cara Menghilangkan ketombe membandel dengan cepat dan ampuh menggunakan bahan-bahan/tanaman-tanaman alami

1) Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang kaya akan manfaat. Selain bisa dipakai untuk mengecilkan perut gendut, jeruk yang satu ini juga mampu mengusir ketombe dalam waktu yang cukup singkat. Anda boleh membuktikan keefektifannya dengan mempraktekan sendiri di rumah. Cara memakainya yaitu dengan memeras jeruk nipis tersebut lalu ambil air perasan untuk keramas (jangan pakai air). Setelah kulit kepala basah merata, diamkan dulu selama 30 sampai 40 menit sebelum kemudian dibilas mapun keramas dengan sampo biasa.

2) Getah Lidah Buaya / Aloe Vera

Lidah buaya memang sudah terkenal efektif sejak dulu akan khasiatnya dalam menyehatkan rambut. Di dalam produk shampoo yang setiap hari anda pakai terkandung sekian persen extrak lidah buaya. Meski Aloe Vera ini lebih dipahami sebagai tanaman penghitam rambut, tumbuhan ajaib ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit kepala anda dari ketombe. Petik satu tangkai lalu ambil getahnya untuk dioleskan di permukaan kulit kepala sekaligus rambutnya.

3) Biji Fenugreek

Di negara India, tanaman liar ini sering dipakai sebagai bumbu masakan kari. Sebagian besar orang Indonesia mungkin kurang familiar dengan fenugreek ini. Anda dapat mempergunakan bijinya untuk diramu sebagai ramuan pengusir ketombe. Langkah peraikan: rendam 3 sendok biji fenugreek sepanjang malam. Setelah empuk, tumbuklah pada esok harinya untuk dioleskan di seluruh permukaan kulit dan helai rambut. Bilas rambut and setelah 40 menit hingga satu jam kemudian.

4) Daun Neem/Mimba

Tanaman kaya manfaat dari India ini tidak hanya dapat dipakai sebagai pemberantas ketombe membandel, beberapa fungsi lain dari daun neem ini ialah ampuh untuk menghilangkan jerawat. Proses penggunaan untuk menghilangkan ketombe sama saja dengan menggunakan biji fenugreek, yakni merebusnya semalam lalu pakai saat pagi tiba.

5) Bawang Merah

Ada lebih dari satu bahan sebagai bahan campuran, yaitu madu dan minyak zaitun. Silakan pilih salah satu dan cobalah selama 1-2 minggu. Jika tidak berhasil, cobalah dengan bahan campuran lain.

6) Garam Dapur

Selain kandungan iodium yang berfungsi sebaagai pencegah penyakit gondok dan sejenisnya, kandungan kristal abrasif pada garam ternyata manjur untuk mengatasi serbuan ketombe. Basahi rambut secara merata, ambil garam secukupnya lalu pijat kulit kepala anda secara perlahan.

Menghilangkan ketombe dengan cara alternatif

Kata alternatif diatas saya maksudkan sebagai pilihan kedua setelah anda menggunakan baham tradisional diatas. Jika suatu hari anda sudah mentok karena kehabisan akal dalam mengatasi ketombe yang terus membandel, sejumlah bahan alternatif berikut ini tidak ada salahnya untuk mencoba:

  • Obat Aspirin: Siapa sangka dibalik kegunaan utamanya sebagai obat sakit kepala. Ternyata aspirin juga dipercaya mampu memberantas keombe yang sulit hilang. Tumbuk 2 tablet obat aspirin lalu campurkan dengan sampo untuk keramas.
  • Baking Soda: Baking soda yang kerap dipakai untuk memutihkan gigi kuning ini juga menawarkan khasiat lain yaitu memusnahkan ketombe. Dalam pemakaiannya, baking¬† soda harus dicampur dulu dengan air biasa.
  • Cuka Putih: Pelengkap makanan yang satu ini mengandung¬† zat fungisida yang mampu membunuh sel jamur pada kulit kepala. Air cuka juga dapat membuka pori-pori kulit kepala yang tertutup.
  • Listerine: Obat kumur pembersih gigi sebagai alternatif penghilang ketombe

Sebagai bentuk usaha lebih agar memperoleh hasil maksimal, cobalah untuk memanfaatkan sinar cahaya matahari pagi dengan cara berjemur setiap hari selama 10 hingga 20 menit.

Berakhirlah sudah pembahasan kita hari ini. Dari sejumlah cara terbaik diatas yang telah kami rangkum, praktekan satu per satu sampai anda menemukan metode yang cocok dengan kulit kepala anda. (Pertanyaan bisa diajukan lewat kolom komentar/via e-mail)

Sources: Wikipedia, Cara Sehat, Dunia Informasi Kesehatan, Head & Shoulder

Comments

comments