Bagaimana Cara Menggemukan Badan dengan Cepat & Sehat?

Gimana sih cara menggemukan badan agar terlihat lebih ideal dan sehat? Dikasih tubuh gemuk ingin kurus, dikasih badan kurus minta gemuk. Itulah sifat alami manusia. Tidak pernah puas dengan apa yang ada dan selalu haus akan hal-hal baru. Menambah berat badan selalu lebih mudah daripada menguruskan, tidak juga. Justru diet itu jauh lebih gampang dibanding menggemukan. Tinggal kurangi makan, kurangi minum, tunggu sampai 1 bulan, turun banyak tuh. TIDAK juga. Pendapat yang bervariasi tersebut tidak bisa dibenarkan 100% namun tidak bisa juga disalahkan sepenuhnya. Kedua hal ini tidak hanya menjadi hal global yang selalu dijumpai oleh semua umat manusia, akan tetapi juga sebagai misteri yang masih harus, harus digali guna menemukan fakta dan solusi yang jauh lebih baik dari apa yang sudah ada sekarang ini.

Mungkin anda mencari: Tips tepat mengecilkan paha dan betis

menggemukan badan sesuai golongan darah

Kalkulasi tinggi dan berat badan ideal

Untuk menentukan apakah postur tubuh anda ideal atau tidak, kita perlu memakai sistem penghitungan BMI sebagai pedoman. BMI sendiri kependekan dari Body Mass Index, yaitu suatu metode yang digunakan dalam menentukan keidealan tubuh seseorang yaitu dengan perbandingan antara berat dan tinggi badan. Anda bisa menghitungnya dengan cara manual atau menggunakan kalkulator BMI langsung.

Berikut adalah klasifikasi angka ideal berdasarkan BMI

  • <16 —–> terlalu kurus
  • <18.50 —-> kurang berat badan
  • 18.50 – 25 —> ideal/normal
  • 30 – 40 ——–> obesitas
  • >40 ————–> over obesitas

Cara menghitung postur ideal tubuh secara manual:

Rumus: berat badan (kg) / [ tinggi badan2 (m) ]

Contoh: Jika berat badan anda 60 kilogram dengan tinggi badan 1,7 meter, maka:
60 / (1,7 x 1,7) = 20,76

Selain cara manual di atas, ada yang yang lebih cepat yaitu dengan kalkulator khusus BMI, anda bisa menemukannya di internet, browsing saja dengan kata kunci “kalkulator BMI online”.

Faktor-faktor penting dalam proses penggemukan

Metabolisme

Proses metabolisme tubuh sangat berpengaruh terhadap perkembangan tubuh secara keseluruhan. Seseorang dengan proses metabolisme kurang baik tentu akan mengalami kesulitan dalam menambah berat badan. Umumnya metabolisme terganggu pada saat proses pencernaan. Jika pada anak lebih sering diakibatkan oleh cacing, orang dewasa lebih sering dipengaruhi penyakit neurologi. Jika anda ragu, lebih baik berkonsultasi ke dokter.

Hormon

Hormon lebih mengacu pada keseimbangan hormon tertentu yang mempengaruhi baik tidaknya perkembangan tubuh. Jenis hormon yang berperan dalam proses pertumbuhan sering disebut HGH atau Human Growth Hormone. Seseorang yang kekurangan hormon tersebut berakibat pada terhambatnya proses perkembangan sel-sel tubuh sehingga lebih sulit untuk menjadi tinggi ataupun gemuk. Agar lebih jelas anda bisa belajar lebih lanjut mengenai hormon pertumbuhan kepada ahlinya.

Genetik

Faktor genetik menjadi salah satu faktor penentu meskipun tidak serta merta 100 persen menentukan. Coba anda survei postur tubuh anggota keluarga, apakah diantara mereka ada yang gemuk atau tidak. Jika tidak ada, maka faktor genetik tersebut bisa jadi menjadi halangan utama bagi anda untuk bisa menggemukan badan. Tapi anda tidak perlu khawatir dan pesimis, faktanya banyak orang yang berhasil menambah berat badan meskipun memiliki latar belakang genetik tubuh kurus.

Cara menggemukan badan secara alami dan sehat

Tibalah saatnya kita mencari tahu berbagai macam cara yang efektif untuk menambah berat badan. Tentu saja dengan jalan dan proses yang alami agar lebih sehat dan terhindar dari resiko berbahaya maupun efek samping lainnya.

Tambah porsi makan

Poin utama yang musti anda pahami adalah asupan makanan. Pada umumnya orang kurus tidak mempunyai napsu makan yang menggebu, atau porsi makan yang cenderung lebih sedikit. Lantas bagaimana dengan orang yang jelas-jelas memiliki porsi makan super namun badan tetap kerempeng. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kemungkinan salah satu faktor di atas yang menjadi penyebabnya. Rubah porsi makan sedikit demi sedikit – jangan sekaligus banyak. Tambah pula jam makan anda, jika biasanya anda makan sehari 3 kali, tambahlah hingga 4 kali (sarapan pagi, siang, sore dan malam).

Perbanyak air putih

Tubuh manusia membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari. Apabila anda merasa masih belum melakukannya, penuhi kebutuhan tersebut. Anda tidak harus minum air putis dalam jumlah banyak sekaligus, sedikit namun sering akan lebih baik.

Olahraga

Baik diet atau meningkatkan berat badan, olahraga teratur tetap dibutuhkan setuap manusia. Tujuannya tidak lain ialah untuk menjaga kebugaran tubuh.

Istirahat yang cukup

Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Dokter menganjurkan untuk istirahat 8 jam per hari. Jika tidak memungkinkan bagi anda untuk melakukannya karena banyak kendala. Anda peru menyiasatinya sendiri agar kebutuhan tersebut tetap terpenuhi. Kebiasaan buruk lain yang harus dikurangi ialah begadang dan merokok.

Jadilah tukang ngemil

Makan itu menyenangkan dan menyehatkan. Daripada anda merokok sambil minum kopi, pastinya akan jauh lebih baik jika menggantinya dengan cemilan ringan yang bergizi seperi kue dll.

Minum susu 4x sehari

Jangan ragu untuk mengkonsumsi minuman khas anak-anak ini. Sudah banyak produk susu khusus dewasa baik pria dan wanita yang bisa anda dapatkan di pasaran. Beda orang beda susu, artinya tidak ada satupun produk susu yang cocok untuk semua. Gantilah merk susu yang anda konsumsi setidaknya 3 bulan sekali lalu identifikasi susu mana yang paling sesuai dengan karakter tubuh anda. Jangan lupa menimbang badan secara berkala.

Buah dan sayur segar

Anda tidak dianjurkan untuk serta merta fokus pada makanan berlemak tinggi saja. Jangan tinggalkan makanan sehat seperti buah dan sayur segar agar asupan gizi tetap seimbang.

Vitamin/suplemen

Zaman sekarang banyak dijual produk vitamin maupun suplemen penambah berat badan baik dipasar tradisional dan apotek. Kami menganjurkan anda untuk membelinya di apotek karena kehigenisan obat lebih terjamin. Opsi ini sebaiknya menjadi opsi terakhir.

Semoga artikel tentang bagaimana cara menjadi gemuk dan sehat ini membantu anda semua, silakan bertanya jika anda memiliki keluhan khusus.

Bantu share ya… 🙂

Comments

comments