6 Gejala Awal “Penyakit Jantung” yang harus Anda Waspadai

Sahabatku sekalian, penyakit yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia adalah penyakit jantung. Hingga saat ini, berbagai macam teknologi pengobatan terus dikembangkan demi meminimalisir angka kematian akibat serangan jantung ini. Banyak orang awam yang menganggap menyakit jantung adalah penyakit dadakan yang secara tiba-tiba datang menyerang dan berujung kematian. Pemahaman ini salah, karena pada dasarnya penyakit jantung sama dengan penyakit berat lainnya yakni selalu menunjukan gejala atau tanda-tanda sebelumnya. Anda dapat mendeteksi sebelum ia datang sehingga masih ada banyak jalan yang bisa ditempuh dalam pencegahan. Menariknya, anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan dokter. Berikut ini beberapa tes yang bisa anda lakukan:

cara deteksi gejala awal penyakit jantung

1) Cepat lelah

Layaknya anemia, gejala awal penyakit jantung berupa keadaan dimana anda sangat mudah sekali merasa lelah. Bahkan saat anda baru saja bangun tidur dimana anda belum melakukan aktivitas sama sekali.

2) Sulit bernapas

Umumnya napas yang sulit terjadi saat kita melakukan olahraga atau pekerjaan berat yang membutuhkan tenaga besar. lain halnya jika anda hanya melakukan aktivitas kecil namun merasa sesak napas. Ini termasuk hal yang tidak normal dan patut diwaspadai karena merupakan salah satu tanda-tanda penyakit jantung.

3) Sering mual

Sinyal lain ialah berkurangnya nafsu makan dan kerap merasa ingin muntah atau mual.

4) Keringat dingin

Keringat dingin umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti sedang merasa gugup atau yang lain. Berbeda dengan ini, tubuh anda mengeluarkan keringat dingin tanpa sebab yang jelas. Fenomena ini masuk dalam daftar gejala penyakit jantung.

5) Rasa saki di dada

Sering merasa nyeri pada dada bagian kiri atau tengah. Meskipun sakit dada juga bisa menjadi gejala penyakit lain, kita dapat membedakannya dengan cara mengetahui bagian mana yang sakit menyesuaikan letak jantung pada tubuh.

6) Sakit kepala

Sakit kepala kali ini disebabkan oleh sinar matahari. Jadi, saat anda terkena sinar matahari secara langsung, tiba-tiba kepala anda akan merasa sakit. Inilah gejala lain dari serangan jantung.

Setelah mengetahuinya, semoga anda bisa lebih paham dan senantiasa mengantisipasi agar tidak terjadi. Olahraga adalah kunci utama untuk kesehatan jantung kita.

Comments

comments