10 Cara Cepat & Alami Memutihkan Gigi Kuning tanpa Efek Samping

Upload foto di Facebook, eh giginya kelihatan kuning. Segeralah hubungi photoshop sebelum terlambat. Maukah seperti itu terus-terusan, anda akan capek sendiri. Pada dasarnya kita semua terlahir dengan gigi yang berwarna putih bersih. Akan tetapi, lambat laut gigi yang asalnya putih akan berubah warna menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Faktor yang paling umum terjadi ialah kurangnya perhatian dan perawatan terhadap gigi. Sebelum kita membahas topik utama hari ini, yaitu bagaimana cara memutihkan gigi kuning secara alami tanpa efek samping berbahaya, mari ketahui dulu beberapa penyebab utama gigi kuning. Lupakan sejenak gigi berlubang!

cara memutihkan gigi dan nafas segar

  • Jarang gosok gigi
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman berwarna
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol dan kopi
  • Merokok
  • Menggunakan pemutih gigi yang tidak cocok
  • Akibat behel yang terlalu lama tidak dilepas sehingga berkarat
  • Efek obat antibiotik atau plak
  • Dll

Dari daftar penyebab gigi menguning diatas, faktor yang paling sering terjadi adalah karena seseorang jarang sekali menggosok gigi, anggap saja 1x sehari. Seperti yang telah anda pelajari di SD, guru mengajarkan kita untuk menggosok gigi 3x dalam sehari agar gigi kita tetap kokoh dan terhindar dari kuman. Tapi kenyataannya apa? Sebagian dari kita sudah mengabaikan nasehat tersebut. Setelah gigi bermasalah, barulah kita kebakaran jenggot. Sebab paling umum yang kedua ialah merokok. Asap rokok dengan kandungan nikotinnya jelas sekali membuat gigi menjadi kuning. Anda bisa bandingkan gigi perokok dengan non perokok.

So, dari sini saja anda sudah belajar banyak mengapa gigi seseorang cenderung berwarna kuning serta apa yang perlu anda lakukan untuk menghindari hal tersebut.

Masalahnya adalah: Bagaimana jika gigi sudah terlanjur berwarna kuning sehingga sulit sekali untuk mengambalikan warna putihnya? Itulah tujuannya kami membuat artikel ini, yaitu untuk memberikan tips serta cara untuk memutihkan gigi kuning. Tentu saja dengan bahan-bahan dan cara-cara yang alami agar tidak menimbulkan banyak resiko berbahaya. Ini dia …. cara memutihkan gigi yang kuning dengan cepat sekaligus memerahkan gusi ala Indonesia bukan ala Korea ataupun berdasarkan 1001 fakta.

1. Cara memutihkan gigi dengan garam

Selain fungsi utamanya sebagai bahan pelezat makanan, ternyata garam juga dapat digunakan khasiatnya untuk memutihkan gigi. Ada beberapa bahan campuran yang biasa dipakai, bahan paling umum adalah minyak mustard dan jeruk nipis. Berikut cara mempraktekannya.

  • Garam + minyak mustard
    Tuangkan minyak mustard dan garam kedalam mangkuk kecil secara terpisah, celupkan sikat gigi kedalam minyak terlebih dahulu, setelah itu baru celupkan sikat gigi kedalam mangkuk berisi garam. Garam akan menempel, sikatlah gigi anda. Lakukan cara ini minimal 2 minggu sekali (jangan terlalu sering).
  • Garam + jeruk nipis
    Caranya hampir sama, namun kali ini anda boleh mencampurkan kedua bahan tersebut dalam satu wadah. Jangan lupa peras jeruk nipis dulu, ambil airnya. Jika anda tidak punya jeruk nipis di rumah, anda bisa memakai melon sebagai bahan alternatifnya. Baik campuran ini ataupun di atas, keduanya sama-sama dianjurkan untuk tidak terlalu sering. Sebab, lapisan (email) gigi akan mudah terkikis oleh garam. (tidak bagus untuk gigi tambalan)

2. Cara memutihkan gigi dengan arang

Banyak orang yang menghindari bahan ini sebagai ramuan herbal untuk memutihkan gigi kuning karena warnanya yang hitam. Namun tahukah anda bahwa arang adalah salah satu bahan yang paling ampuh. Jenis arang yang digunakan bebas. Boleh dari sisa pembakaran kayu apa saja. Beberapa ahli dan dokter menganjurkan untuk menggunakan arang dari kulit kelapa, atau arang dari merang (kulit padi). Kedua jenis arang tesebut cenderung memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan yang lainnya, sehingga akan lebih bersahabat dengan gigi kita. Keuikan dari arang ini ialah anda tidak perlu mencampurkan bahan lain seperti pasta gigi karena kekuatannya tidak bisa diragukan lagi.

3. Cara memutihkan gigi dengan baking soda

Baking soda termasuk dalam bahan kimia. Meskipun demikian, bahan tersebut kerap dimanfaatkan untuk campuran berbagai kue. Caranya, cukup oleskan baking soda pada permukaan gigi yang berwarna kuning. Diampak selama 10 hingga 15 menit, sikatlah gigi dengan pasta gigi biasa sebagai langkah terakhir. 1x 1 bulan sudah lebih dari cukup, jangan berlebihan atau gigi anda malah rusak. Jenis soda bikarbonat pun kerap dijadikan alternatif. Jalan ini tidak cocok dipraktekan pada bayi, anak-anak atau balita.

4. Cara memutihkan gigi dengan strawberry

Strawberry atau bahasa gaulnya stroberi adalah jenis buah yang memiliki ukuran kecil seperti anggur atau kelengkeng. Rasa manisnya begitu kuat karena mengandung gula yang melimpah. Selain rasa manis, strawberry juga memiliki warna merah yang kuat sehingga sering dipakai sebagai bahan alternatif pewarna makanan alami. Terlepas dari apa yang semua orang tahu, khasiat lain dari satu buah strawberry adalah dapat memutihkan gigi. Kalau anda ingin memutihkan gigi secara tidak langsung, perbanyaklah mengkonsumsi buah mungil ini. Atau akan lebih cepat jika menumbuknya lalu menggosokan bubuk tersebut ke permukaan gigi. Untuk meminimalisir kerusakan gigi akibat terlalu banyak gula, pastikan anda selalu menggosok gigi dengan pasta gigi harian anda agar tetap terlindung. Rasakan perubahannya dalam waktu satu hingga dua minggu.

5. Cara memutihkan gigi dengan mentega

Bahan makanan seperti mentega atau blue band, keju dan mayonese banyak mengandung susu, karena pada dasarnya memang terbuat dari susu sebagai bahan dasarnya. Masih belum banyak orang yang mengetahui manfaat lain selain sebagai asupan protein, fakta menunjukan bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi makanan-makanan ini memiliki gigi yang lebih putih daripada gigi mereka yang jarang mengkonsumsinya.

6. Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang

Aneh tapi nyata! Mungkin sebagian dari anda baru saja mengetahui kalau kulit pisang juga bisa dipakai untuk menyulap gigi menjadi lebih putih alami. Masyarakat awam hanya tahu pisang menawarkan banyak vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebetulnya ada khasiat mujarab dibalik kulit pisang yang selalu anda buang-buang itu. Tidak ada salahnya dicoba karena kulit pisang tidak sulit untuk dicari. Bagaimana caranya? Yups, gampang sekali! Ambil kulit pisang seperlunya kemudian gosoklah gigi dengan kulit pisang tadi. Lakukan selama 5 – 10 menit, terakhir tinggal sikat pakai sikat gigi biasa.

7. Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk

Cara berikutnya ialah menggunakan kulit jeruk mandarin. Anda bebas mau milih kulit jeruk apa saja asalkan masih segar. Langkah pemakaiannya sama saja dengan kulit pisang. Untuk gigi palsu, cara terbaik adalah dengan merendammnya di dalam air perasan jeruk nipis.

8. Siwak Arab

Sering juga disebut miswak, adalah akar pohon yang berasal dari arab. Orang Islam pada zaman dahulu menggunakan siwak ini sebagai pasta gigi. Disamping memutihkan gigi, miswak ini juga sangat efektif untuk menjaga gigi supaya tetap sehat setiap saat. Murni dan alami tanpa efek berbahaya.

9. Daun salam

Ambil beberapa lembar daun salam lalu tumbuk dengan air hingga halus. Pakai tumbukan dari daun salam tersebut sebagai pasta tradisional untuk menggosok gigi. Bahan ini lebih aman dan anda diperbolehkan melakukannya setiap hari.

10. Menginang

Menginang merupakan kegiatan masyarakat suku Jawa. Umumnya dilakukan oleh kaum perempuan usia lanjut. Tidak ada laki-laki yuang menginang karena kita tahu mereka lebih suka merokok. Cobalah anda pergi kesuatu desa dimana desa tersebut terdapat banyak nenek-nenek yang hobi menginang, gigi mereka tampak putih bersih meskipun usia mereka sudah sangat tua. Bahan yang digunakan adalah daun sirih, cengkeh dan buah pinang. Kunyah semua bahan tersebut hingga halus, rasanya wesss… pait 😛

Itulah dia 10 cara alami dan instant untuk memutihkan gigi kuning. Adakah cara lain? Ada… !! Masih banyak cara lain selain 10 cara di atas baik alami maupun menggunakan produk pabrikan. Lihat dibawah ini.

  • Rajin mengunya permen karet atau bubble gum
  • Menggunakan hidrogen peroksida/H2o2 (pakailah untuk berkumur, diperingatkan untuk lebih hati-hati dengan cara ini)
  • Perbanyak mengkonsumsi buah apel, atau cuka apel
  • Cobalah menggunakan daum mimba dicampur dgn wortel
  • Menggosok gigi kuning dengan jahe
  • Coklat hitam
  • Norit
  • Kulit limau
  • Dengan metode laser (lebih mahal)

Lengkap sudah bermacam-macam cara jitu dan cepat memutihkan permukaan gigi kuning beserta tips-tips nya. Jangan lupa pula untuk me-like Facebook fanpage kami. Apabila anda ingin mengajukan komentar, silakan postingkan di comment box untuk diskusi lebih lanjut lagi mengenai hal universal ini. Semoga artikel ini memberi manfaat, selamat mencoba, semoga sukses. Gigi sehat, nafas segar tidak bau, senyum pun tak ragu.

Comments

comments